Personalisasi

Bab 7 : Personalisasi 


Dulu semua orang melihat mesin pencari itu sama. Namun sekarang, tidak ada seorangpun yang berani meremehkan bagaimana cara pandang mesin pencari, tidak google, tidak juga bing ataupun yang lain. Tentu saja bukan berarti semua orang memandang sebelah mata cara kerja mesin pencari sekarang. Tapi mereka melihat mesin pencari sekarang dengan berbeda.

Salah satu personalisasi yang paling mudah ialah melihat asal negara si pemakai mesin pencari tersebut, dan mesin pencari tentu akan memberikan hasil berdasarkan dari asal negara si pemakai tersebut.

Misalkan seseorang yang berasal dari negri Amerika mencari dengan kata kunci "footbal", maka yang akan mereka dapatkan ialah hasil tentang American Football. Begitu pula dengan seseorang yang berasal dari negara lain yang mencari dengan kata kunci football. Mereka akan mendapatkan hasil mengenai soccer.

Mesin pencari tidak akan berhenti dalam personalisasi dalam tingkat negara. Mereka akan mempersonalisasi sampai ke tingkat kota, anda akan perlu memastikan bahwa website anda berkaitan dengan kota tersebut.

Apa yang orang orang cari di mesin pencari dan apa yang mereka dapatkan ketika mencari di mesin pencari? Situs apa yang sering mereka kunjungi? Apakah mereka sudah like sebuah website melalui facebook? share lewat twitter? atau +1 website tersebut?

Personalisasi ini disebut personalisasi history yang sering dipakai untuk membedakan beberapa cara google dan bing lakukan dalam menentukan hasil dari pencarian tersebut.

Apa yang akan orang orang pikirkan mengenai sebuah website? Bagaimana cara mereka memandang website tersebut? Google+ adalah satu dari sekian banyak cara mesin pencari menentukan ranking. Ketika seseorang melingkari situs anda di google+, maka google juga akan secara berangsur angsur mengubah cara pandang mereka terhadap website anda tersebut.






Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »