Arsitektur Website & Faktor yang menentukan pada Mesin Pencari

Bab 3 : Arsitektur Website & Faktor yang menentukan pada Mesin Pencari


Google merupakan Mesin Pencari yang meng-crawl semua website. Google meng-crawl dari satu artikel anda sampai artikel anda yang lainnya dengan cepat, sangat cepat dan tidak dapat anda bayangkan. Mereka mengkopi semua artikel anda yang akan disimpan di dalam sebuah index, dimana disini seperti buku besar semua website di dunia.


Ketika seseorang mencari, mesin pencari akan secara otomatis membaca semua halaman pada buku besar tersebut, menemukan semua artikel yang punya kaitannya dan mengambil keluar artikel yang dimana menurut mereka paling baik untuk di tampilkan di halaman depan. Untuk dapat dicari, artikel anda harus berada dalam buku besar tersebut. Dan untuk berada di dalam buku tersebut, artikel anda harus di crawl terlebih dahulu. 

Kebanyakan website pada umumnya tidak memiliki isu atau masalah dalam hal crawl ini. tapi ada beberapa poin yang dapat membuat masalah. Misalkan, Javascript dan Flash dapat berpotensi untuk menyembunyikan link anda, atau bahkan membuat semua artikel anda menjadi hilang dari mesin pencari alias tidak dapat ditemukan. Dan keduanya dapat membuat kata kata dalam artikel anda menjadi hilang.

Setiap website akan diberikan budjet crawl oleh Google. dibutuhkan beberapa saat untuk mesin pencari untuk mengcrawl artikel anda setiap harinya, berdasarkan kepercayaan dan domain authority website tersebut. Website yang besar akan mencari cara untuk dapat dicrawl secara efektif untuk memastikan bahwa artikel yang tepat akan di crawl lebih sering. Penggunaan robot.txt juga dapat secara spesifik memberitahukan mesin pencari untuk tidak mengcrawl bagian tertentu.

Bagaimana pun juga, pada kebanyakan kasus, permasalahan pada crawl dapat dicegah. Lebih bagus lagi jika anda pintar dalam menggunakan sitemaps, seperti HTML dan XML, untuk membuat mesin pencari lebih gampang meng-crawl website anda. Anda akan dapat belajar lebih banyak tentang sitemaps dan berurusan dengan masalah crawling di:

  • SEO : Crawling dan Robots
  • SEO : Submitting & Sitemaps

Ingat, "website yang ramah SEO" juga berarti "website yang ramah kepada manusia!"



Duplikasi / Normalisasi

Apa yang dimaksud dengan duplikasi? Terkadang buku besar dalam mesin pecari itu bisa berantakan, Mesin pencari sangat kesulitan untuk menentukan bagian mana yang harus dia crawl dan bagian mana yang tidak boleh dicrawl. Ini tidak bagus untuk perkembangan SEO anda.
Akan lebih buruk lagi jika orang orang secara aktif terhubung ke versi yang berbeda dari halaman yang sama. Link tersebut, indikator kepercayaan dan otoritas, yang tiba-tiba terbelah antara versi mereka. Hasilnya adalah persepsi yang menyimpang (dan bawah) dari pengguna nilai sebenarnya telah ditetapkan halaman tersebut. Itu sebabnya normalisasi sangat penting.


Versi Mobile
Google memberikan nilai lebih kepada situs situs yang memiliki versi mobile dengan kesempatan yang lebih besar untuk sangkut ke halaman depan mesin pencari, sedangkan website yang tidak punya versi mobile lebih susah untuk pindah ke halaman satu. Mesin Pencari Bing Juga melakukan hal yang sama.
Jadi buatlah Versi Mobile dari website anda. Google akan dengan senang hati memberi kesempatan untuk anda sukses dalam dunia SEO ketimbang mereka yang tidak. 

Untuk lebih lanjutnya, dapat dilihat di 
  • SEO : Mesin Pencari Mobile
  • Google
  • Bing
  • Yahoo
Kecepatan Website
Google sangat suka dengan situs yang sangat cepat, dan telah mengumumkan bahwa situs yang cepat masa loading nya akan mendapatkan keuntungan lebih daripada situs yang lebih lambat.
Meskipun demikian, membuat website lebih cepat tidaklah menjamin website anda akan cepat naik ke halaman satu mesin pencari. Tetapi kecepatan akan melemahkan faktor faktor negative yang lain dan memberikan nilai tambah.
Buatlah website anda cepat, maka mesin pencari dan juga manusia sebagai pengguna juga akan lebih mengapresiasikannya.


Apakah URL anda deskriptif?
Ya, Memiliki kata-kata Anda ingin ditemukan untuk dalam nama domain atau halaman Anda URL dapat membantu prospek peringkat Anda. Ini bukan faktor utama tetapi jika itu masuk akal untuk memiliki kata-kata deskriptif dalam URL Anda, melakukannya. Artikel di bawah ini mengeksplorasi kekuatan URL secara lebih mendalam:
  • SEO : Domain dan URLs



















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »