DOMAIN dan URL

DOMAIN dan URL

Nama domain atau domain name adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasikan nama dan alamat website kita. Domain juga digunakan untuk mempermudah dan membedakan setiap alamat website pada server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet. Nama domain itu berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dapat dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal IP address ataupun alamat IP.  Nama domain juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web. Domain terdiri dari 2 bagian, yaiut nama domain dan extension. Contohnya "donatdonat.com"
donatdonat adalah nama domain
com adalah extension.

Penamaan nama domain hanya diijinkan dengan menggunakan huruf, angka dan garis penghubung. Pengunaan huruf kapital dan kecil pada nama domain akan diabaikan, yang berarti: donatdonat.com dan DONATDONAT.com atau DonaTdOnaT.com adalah sama dan akan tetap menuju ke halaman donatdonat.com.

Dan sebuah nama domain hanya bisa dimiliki satu orang saja, yang artinya tidak akan pernah ada kesamaan pada pelafalan nama domain tersebut, kecuali pada extensionnya. Contoh, si A memiliki nama domain donatdonat.com , maka si B tidak bisa memiliki domain donatdonat.com kecuali si A melepas domain tersebut atau menjualnya, Tapi, si B dapat mencoba untuk membeli nama domain donatdonat.net , atau donatdonat.org atau pun donatdonat.info dan sebagainya.

Extension sendiri terdiri dari 3 bagian:

  • generic TOP LEVEL DOMAIN (gTLD)
  • USA Top Level Domain
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)
Dan biasanya extension yang paling sering dipakai adalah : .com , .net , .org , .info

SubDomain
Subdomain adalah domain di bawah domain. Tapi domain ini berdiri sendiri. Kita bisa mengibaratkan subdomain ini sebagai provinsi dari sebuah negara. Provinsi ada dalam negara tapi dia mandiri dan bisa berdiri sendiri. contoh : mail.donatdonat.com

mail adalah subdomain
donatdonat adalah domain
com adalah extension 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »